Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Faktor-faktor yang
mempengaruhi Prestasi belajar Akuntansi di SMK Tritech Informatika Medan
T.ahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa
besar faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar Akuntansi di SMK
Tritech Informatika Medan T.P 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah siswa
kelas XI Ak-1 dan Ak-2 Akuntansi SMK Tritech Informatika Medan. Yang
terdiri dari 2 (dua) kelas yang masing-masing berjumlah 56 siswa. Instrument
yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang bertujuan untuk
mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar Akuntansi di
SMK Tritech Informatika Medan Tahun Ajaran 2019/2020, yang terdiri dari 28
butir soal angket, 10 butir soal untuk faktor internal dan 18 butir soal untuk
faktor eksternal indikator angket. Penelitian ini menggunakan uji asumsil klasik
untuk mengetahui data yang digunakan berdistribusi normal. Uji regresi
berganda untuk mengetahui seberapa besar faktor yang mempengaruhi prestasi
belajar. Pengujian hipotesis digunakan untuk mengetahui adanya pengaruh dari
faktor internal dan faktor eksternal terhadap prestasi belajar. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dari faktor internal dan faktor eksternal
terhadap prestasi belajar akuntansi di SMK Tritech Informatika Medan Tahun
Ajaran 2019/2020.