Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemanfaatan
perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMK
Putra Anda Binjai Tahun Ajaran 2019/2020.Subjek dalam penelitian ini adalah
siswa SMK Putra Anda Binjai sedangkan objeknya adalah pengaruh pemanfaatan
perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar. Populasinya adalah seluruh siswa
kelas XI yang berjumlah 47 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui
angket dan dokumentasi. Uji validitas untuk setiap butir angket menggunakan
rumus korelasi product moment. Teknik analisis data yang digunakan adalah
analisis regresi linear sederhana dan uji koefisien determinasi. Setelah melakukan
penelitian, penulis mendapat kesimpulan akhir bahwa tidak terdapat pengaruh
yang signifikan dari pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar
akuntansi siswa kelas XI, dengan mengetahui bahwa nilai r square = 0,001 jauh lebih
kecil darupada rtabel pada taraf 5% dan pada taraf 1% yaitu 0,288 > 0,001 <
0,372. Maka, dengan ini disimpulkan bahwa tidak terdapat adanya penagaruh
pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas
XI SMK Putra Anda Binjai