Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Metode Pemecahan Masalah
Terhapa Hasil Belajar Siswa Akuntansi di SMA Muhammadiyah 18 Sunggal
Tahun Ajaran 2019/2020. Instrumen ini menggunakan esay tes dan angket.
Sebelum penelitian ini dilaksanakan instrument penelitian terlebih dahulu di uji
coba dengan menggunakan teknik korelasi Product Momen . Teknik pengambilan
samplenya menggunakan teknik purposive sample. Dari hasil analisis data,
diperoleh nilai rat-rata post tes dan pre test yang diajari dengan menggunakan
metode pemecahan msalh. Untuk pengujian hipotesis digunakn uji t. Dari hasil
perhitungan yang dilakukan pada uji t diperoleh t hitung > t tabel sebesar 1,701 >
1,131 dengan angka signifikan 5% ( ) sehingga Ho ditolak Ha diterima.
Dari hasil regresi linier sederhana bahwa variabel yang signifikan 0,113 > 0,05
yang menunjukkan bahawa variabel hasil belajar berasal dari populasi yang memil
iki varian yang sama (homogen).Sehingga hipotesis menyatakan ada pengaruh
yang signifikan antara variable lmetode pemecahan masalah terhadap hasil belajar