Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model
cooperative learning teknik Two Stay Two Stray (TS-TS) terhadap hasil belajar
Akuntansi siswa kelas XI SMK-BM SINAR HUSNI Helvetia Medan, T.P.
2019/2020.
Adapun masalah yang ditemukan dalam penelitian ini adalah siswa yang
tidak disiplin dalam belajar. Hasil belajar siswa yang tidak sesuai dengan
kemauan menyerap materi dari guru. Siswa kurang aktif dalam belajar.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK-BM Sinar Husni, yang beralamat di Jl.
Jl.Veteran Gg. Utama Pasar V Helvetia, Labuhan Deli, Kab. Deli Serdang,
Sumatera Utara, 20373.
Dari penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa Cooperative Learning
Teknik Two Stay Two Stray (TS-TS) berpengaruh erat terhadap hasil belajar
akuntansi. Ini dibuktikan dengan nilai korelasi r = 0,7486. Dari tabel r Product
Moment untuk dk = 40-2 = 38 diperoleh r tabel = 0,312. Jadi, karena r xy (0,7486) >
r hitung (0,312) maka hipotesis diterima. Dari perhitungan di atas, nilai t adalah
sebesar 6,9611. Berdasarkan tabel t, dengan derajat kebebasan t = n – 2 = 40 - 2 =
38, dengan α = 5% (atau α = 0,05), untuk uji dua arah, maka nilai α dibagi 2
sehingga α = 0,025. maka t tabel; dk=38; α=0,025 = 2,024. Karena t > t tabel , kita dapat
menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Cooperative Learning
Teknik Two Stay Two Stray (TS-TS) terhadap hasil belajar akuntansi.