Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media
pembelajaran berbasis E-Learning Edmodo terhadap hasil belajar siswa kelas XII
IPS di SMA Negeri 1 Secanggang Tahun Pelajaran 2019/2020. Permasalahan
yang timbul dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata
pelajaran ekonomi akuntansi di kelas XII IPS SMA Negeri 1 secanggang tahun
pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dibatasi pada masalah hasil belajar siswa
dengan menggunakan media pembelajaran berbasis E-Learning Edmodo pada
pokok bahasan jurnal umum perusahaan jasa siswa kelas XII IPS 2 SMA Negeri 1
Secanggang Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa
kelas XII IPS 2 SMA Negeri 1 Secanggang dengan sampel yang berjumlah 28
siswa. Instrument penelitian ini mengambil dua jenis instrument yaitu :”Tes dan
Angket” teknik analisis data menggunakan rumus regresi liner sederhana.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitif, dimana untuk mengetahui hubungan
antara kedua variable digunakan dengan rumus product moment. Dari hasil
pengujian diatas,terlihat bahwa Media Pembelajaran Berbasis E-Learning
Edmodo (X) Terhadap hasil Belajar (Y) Diperoleh nilai t hitung sebesar 1,295 ˃
0,388 t tabel dan mempunyai angka signifikan sebesar 0, 024 ˂ 0,05 H o ditolak hal
ini menunjukkan bahwa secara parsial Media Pembelajaran Berbasis E-Learning
Edmodo berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar Akuntansi
Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Secanggang.