Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi pengembangan
Agrowisata Paloh Naga pada Agrowisata Paloh Naga Desa Denai Lama
Kecamatan Pantai Labu pada bulan juli 2020 sampai bulan November 2020.
Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif untuk mengetahui
pendapatan yang diterima Agrowisata Paloh Naga dan analisis SWOT
(Strengths,
Weaknesses, Opportunities, and Threats) untuk melihat lingkungan internal yaitu
kekuatan dan kelemahan serta lingkungan eksternal yaitu peluang dan ancaman
Agrowisata Paloh Naga kemudian dirumuskanlah formulasi strategi Agrowisata
Paloh Naga serta dilakukan analisis QSPM
(Quantitative Strategic Planning
Matrix
) untuk menentukan strategi prioritas yang menjadi masukan bagi
Agrowisata Paloh Naga untuk diterapkan. Hasil penelitian menunjukan
keuntungan bersih yang diterima oleh pengurus Agrowisata sebesar RP
84,500,000 pertahun, serta berbagai stategi alternatif Agrowisata Paloh Naga S-O
Melakukan pengembangan Agrowisata dengan mengganti cara mengolahan lahan
padi dengan menggunakan kerbau dan menambah spot foto yang beragam,
Strategi S-T seperti lebih menampilkan keunikan ciri khas dari Paloh Naga,
Strategi W-O seperti optimalisasi Agrowisata dengan terus melakukan
pengembangan serta penguatan usaha dari Agrowisata itu, Startegi W-T yaitu
lebih dikembangkan lagi potensi daerah wisata agar pengunjung tidak hanya
menikmati Paloh Naga. Startegi yang menjadi prioritas untuk diterapkan adalah
strategi W-O yaitu melakukan perbaikan dengan melengkapi sarana umum seperti
membangun toilet dan musholla.