Abstract:
Di kota Medan pada saat ini mulai banyak usaha bisnis tempat makan
durian yang khusus menyediakan durian dan olahan daging durian yang bisa
langsung dinikmati ditempat usahanya dengan membuat suasana tempat usaha
menjadi seperti kafe khusus durian yang tentu saja banyak menarik minat
konsumen yang ingin menikmati durian namnun dengan cara yang praktis dan
dengan penawaran harga yang berbeda-beda. Konsumen yang berkunjung dan
melakukan pembelian tentunya dipengaruhi banyak faktor yang mempengaruhi
perilaku konsumen dalam keputusan pembeliannya. Store atmosphere merupakan
kombinasi antara lokasi tempat, desain arsitektur, tata letak, desain interior dan
eksterior yang apat menjadi daya tarik untuk menciptakan dan memberikan kesan
yang dapat dinikmati oleh pelanggan. Faktor gaya hidup diidentifikasikan oleh
bagaimana perilaku seseorang untuk menghabiskan waktu yang dimiliki, juga
mengenai hal-hal dilingkunganya yang mereka anggap penting serta apa yang
mereka pikirkan tentang diri mereka sendiri dan juga pendapat orang lain tentang
kehidupannya. Ucok Durian yang beralamat di Jl. K.H. Wahid Hasyim No.30
Kota Medan merupakan pilihan yang tepat untuk masyarakat yang ingin membeli
durian dan menikmati suasana yang berbeda dari memakan durian biasanya.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh store
atmosphere dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian di Ucok Durian.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey yaitu penelitian
dilakukan dengan melihat langsung ke lapangan dengan wawancara kuisioner.
Serta metode penarikan sampel yang digunakan adalah metode sampel
nonprobabilitas dengan teknik sampel puposive dan jumlah sampel diambil
sebanyak 50 responden. Untuk metode analisis data yang digunakan adalah uji
validitas, uji reliabilits, uji multikolinieritas, uji normalitas, dan analisis regresi
linear berganda. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan diperoleh nilai
signifikansi variabel Store Atmosphere 0,019 < 0,05 yang artinya variabel Store
Atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Sedangkan untuk variabel Gaya Hidup 0,007 < 0,05 yang artinya variabel Gaya
Hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dan
57,5 % variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh store atmosphere dan
gaya hidup dan sisanya 42,5% diterangkan oleh variabel lain diluar model
penelitian.