Abstract:
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1). 1. Mengetahui karakteristik konsumen
sosial ekonomi sayuran di Pasar tradisional Melati. 2. Mengetahui atribut sayuran
(harga, rasa, daya tahan dan kesegaran) terhadap sikap konsumen danlam
membeli sayuran di Pasar tradisional Melati. 3. Untuk menganalisis faktor yang
mempengaruhi (harga, pendapatan dan jumlah anggota keluarga) terhadap jumlah
pembelian konsumen sayuran di Pasar tradisional Melati.
Kesimpulan diperoleh hasil sebagai berikut: 1). karakteristik konsumen
sayuran di Pasar Tradisional Melati adalah perempuan dengan total responden
sebanyak 27 orang (90%), sedangkan untuk rentang usia berada pada rentang 31-
46 tahun yaitu sebanyak 23 orang (77%), jenjang pendidikan yang ditempuh oleh
konsumen sayuran berada pada jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas
(SMA) yaitu sebanyak 23 orang (77%). Tingkat pendapatan konsumen sayuran di
Pasara Tradisional Melati berada pada tingkat pendapatan Rp. >5.100.000 yaitu
sebanyak 17 orang (57%). Jenis pekerjaan yang digeluti oleh konsumen sayuran
pada umumnya adalah ibu rumah tangga yaitu sebanyak 24 orang (80%). Dari
pengukuran sikap konsumen terhadap atribut yang terdapat dalam sayuran
diperoleh hasil bahwasayan sebagai berikut: rasa dengan nilai 4,04, harga (3,92 ),
daya tahan (4,09) dan kesegaran (4,07) yang artinya dimana setiap atribut terdapat
dalam sayuran mempengaruhi sikap konsumen dalam melakukan pembelian Dari
hasil uji serempak diperoleh nilai f-hitung sebesar 2.160,055, dengan nilai taraf
kepercayaan 95% maka diperoleh nilai f-tabel sebesar 3,24. Dari hasil pengujian
diperoleh nilai f-hitung lebih besar dari pada f-tabel (2.160,055> 3,24), dan nilai
signifikan 0,000a maka kriteria keputusan yang diambil adalah terima H1 dan
tolak H0, artinya secara serempak ada pengaruh yang nyata antara variabel
variabel harga sayuran, tingkat pendapatan dan jumlah anggota keluarga terhadap
jumlah pembelian