Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Berbantu Media Job Sheet terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan SMA Muhammadiyah 18 Sunggal T.P 2019-2020

Show simple item record

dc.contributor.author Sari A, Indah Wira
dc.date.accessioned 2020-11-23T06:59:07Z
dc.date.available 2020-11-23T06:59:07Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14076
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Explicit Instruction berbantu media Job Sheet terhadap hasil belajar kewirausahaan SMA Muhammadiyah 18 Sunggal. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI-IS 1 SMA Muhammadiyah 18 Sunggal yang berjumlah 32 orang. Berdasarkan hasil temuan dan pengujian hipotesis bahwa perbandingan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran explicit instruction mempunyai peningkatan bisa dilihat dari tingkat ketuntasan belajar siswa pada saat pretest, siswa yang mencapai ketuntasan yang ditetapkan sekolah sebesar 75. Berdasarkan hasil penelitian pre test menunjukan bahwa siswa yang mencapai KKM yaitu sebanyak 12 orang dengan persentase 37.50 % dan siswa yang tidak mencapai KKM yaitu sebanyak 20 orang dengan persentase 62,5 %. Berdasarkan hasil penelitian post test menunjukan bahwa siswa yang mencapai KKM yaitu 29 orang dengan persentase 91% dan siswa yang tidak mencapai KKM yaitu 3 orang dengan persentase 9%. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh 16,357 dan bila di konsultasikan dengan nilai pada taraf signifikan 0,05 dan df = N-2, 32-2=30, maka . Dengan membandingkan antara dengan dengan kriteria > 16,357 > 2,048) sehingga ditolak dan diterima. Dengan kata lain terdapat pengaruh model pembelajaran explicit instruction berbantru media job sheet terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas XI-IS SMA Muhammadiyah 18 Sunggal Tahun Pembelajaran 2019/2020. en_US
dc.subject Model Pembelajaran Explicit Instruction Berbantu Media Job Sheet, en_US
dc.subject Hasil Belajar Kewirausahaan en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Berbantu Media Job Sheet terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan SMA Muhammadiyah 18 Sunggal T.P 2019-2020 en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account