Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Explicit Instruction berbantu media Job Sheet terhadap hasil belajar
kewirausahaan SMA Muhammadiyah 18 Sunggal. Sampel dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas XI-IS 1 SMA Muhammadiyah 18 Sunggal yang
berjumlah 32 orang. Berdasarkan hasil temuan dan pengujian hipotesis bahwa
perbandingan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model
pembelajaran explicit instruction mempunyai peningkatan bisa dilihat dari tingkat
ketuntasan belajar siswa pada saat pretest, siswa yang mencapai ketuntasan yang
ditetapkan sekolah sebesar 75. Berdasarkan hasil penelitian pre test menunjukan
bahwa siswa yang mencapai KKM yaitu sebanyak 12 orang dengan persentase
37.50 % dan siswa yang tidak mencapai KKM yaitu sebanyak 20 orang dengan
persentase 62,5 %. Berdasarkan hasil penelitian post test menunjukan bahwa
siswa yang mencapai KKM yaitu 29 orang dengan persentase 91% dan siswa
yang tidak mencapai KKM yaitu 3 orang dengan persentase 9%. Berdasarkan
perhitungan uji hipotesis diperoleh 16,357 dan bila di konsultasikan
dengan nilai pada taraf signifikan 0,05 dan df = N-2, 32-2=30,
maka . Dengan membandingkan antara
dengan dengan kriteria > 16,357 > 2,048) sehingga
ditolak dan diterima. Dengan kata lain terdapat pengaruh model pembelajaran
explicit instruction berbantru media job sheet terhadap hasil belajar
kewirausahaan siswa kelas XI-IS SMA Muhammadiyah 18 Sunggal Tahun
Pembelajaran 2019/2020.