Abstract:
Perkembangan dunia otomotif yang semakin pesat, juga diikuti oleh
perkembangan berbagai modifikasi pada motor bakar telah banyak di lakukan
pemodifikasian tidak lain adalah untuk meningkatkan unjuk kerja atau performa.
Bagian motor bakar yang paling banyak dimodifikasi adalah intake manifold. Saat
ini ada banyak tuntutan dalam industri otomotif yaitu untuk menghasilkan
kendaraan yang mampu menghasilkan performa yang tinggi (high performance),
dan juga harus dapat menghemat pemakaian bahan bakar. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh dari variasi bentuk diameter intake manifold terhadap
kinerja mesin. Pengujian dilakukan dengan pemasangan intake manifold yang
sudah di variasi kan terhadap torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar sepeda motor
supra x 125 bore up 150 cc. Analisa data menggunakan metode uji coba langsung
dengan menggunakan alat dyno test dan mencatat data-data hasil pengujian yang
akan dilakukan, dengan percobaan pemasangan intake manifold dengan diameter
22 mm, 24 mm, dan 26 mm terhadap kerja mesin motor pada putaran mesin
ditentukan pada 1500 rpm sampai max rpm dengan variabel dari bentuk diameter
intake manifold. Hasil penelitian menunjukan intake manifold variasi 26 mm lebih
unggul dengan nilai dayan18,51 HP dengan torsi 12997,29 N.mm dibandingkan
dengan intake 22 mm dan 24 mm, jadi intake manifold 26 mm lebih unggul dalam
performanya.