Abstract:
Penelitian ini dibuat untuk mengetahui apa penyebab hasil belajar siswa yang kurang
memuaskan di MTs Muhammadiyah 15 Medan. Rumusan masalah yang diteliti adalah
bagaimana pengembangan bahan ajar pada mata pelajaran AIK (Al Islam dan
Kemuhammadiyahan), bagaimana penerapan bahan ajar pada mata pelajaran AIK (Al Islam
dan Kemuhammadiyahan), apa faktor pendukung dan penghambat penerapan bahan ajar pada
mata pelajaran AIK (Al Islam dan Kemuhammadiyahan) pada kelas VII MTs
Muhammadiyah 15 Medan. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui
pengembangan dan penerapan bahan ajar AIK (Al Islam dan Kemuhammadiyahan). Metode
yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif.
Hasil penelitian tentang analisis bahan ajar pada mata pelajaran AIK (Al Islam dan
Kemuhammadiyahan) di MTs Muhammadiyah 15 Medan adalah bahwa peneliti menganalisis
pengembangan bahan ajar pada mata pelajaran AIK (Al Islam dan Kemuhammadiyahan) di
sekolah ini sangat baik, tetapi pada saat penerapan materi AIK (Al Islam dan
Kemuhammadiyahan) guru belum efektif kerena alokasi waktu yang kurang disusun dengan
sistematis dan kurangnya alat peraga/fasilitas yang mendukung pembelajaran.