Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Mengetahui rantai pasok wortel di
desa Lingga Kecamatan Simpang Empat. 2). Mengetahui margin pemasaranwortel
di desa Lingga Kecamatan SimpangEmpat. 3). Menganalisis efisiensi Rantai
Pasok wortel di desa Lingga Kecamatan Simpang Empat. Metode penelitian yang
digunakan adalah studi kasus (case study). Penentuan lokasi penelitian dilakukan
secara sengaja atau purposive yaitu di desa Lingga Kecamatan Simpang Empat.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan
sensus. Seluruh populasi dijadikan sampel dalam penelitian yaitu 30 orang.
Penentuan sampel lembaga pemasaran di desa Lingga Kecamatan Simpang Empat
dengan menggunakan metode snowball sampling. Hasil penelitian menunjukan
bahwa kondisi rantai pasok wortel di di desa Lingga Kecamatan Simpang Empat
belum berjalan dengan baik. Sasaran pasar memiliki target yang jelas namun
terdapat permasalahan dalam optimalisasi sasaran rantai pasok, yaitu petani tidak
ditunjang dengan pengetahuan mengenai kualitas wortel yang baik dan harga
wortel. Pengukuran kinerja rantai pasok yang dilakukan dengan pendekatan
efisiensi pemasaran menunjukan bahwa rantai pasok sudah efisien, ketiga saluran
pemasaran memiliki nilai rasio biaya dan keuntungan rendah walaupun marjin dan
farmer’s share bernilai tinggi.