Abstract:
Skripsi ini berjudul Efektivitas Penggunaan Foto Di Instagram Terhadap
Minat Pengunjung Ke Kedai Boogie dengan sub judul studi kualitatif pada
pengunjung kedai boogie. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
sejauhmana efektivitas penggunaan foto di instagram terhadap minat pengunjung
ke kedai boogie. Sedangkan manfaat dari penelitian ini secara teoritis, diharapkan
dapat menambah uraian yang bersifat teoritis tentang komunikasi, khusunya
tentang Efektivitas Penggunaan Foto Di Instagram Terhadap Minat Pengunjung
Ke Kedai Boogie. Dan secra praktis, hasil penelitian ini diharapkan dapat
memberi masukan kepada pihak dalam membuat kebijakan, khususnya tentang
Efektivitas Penggunaan Foto Di Instagram Terhadap Minat Pengunjung Ke Kedai
Boogie.
Teori – teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi,
teknologi komunikasi, komunikasi bermedia, komunikasi pemasaran, media
sosial, instagram, efektivitas komunikasi, teori aidda.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif , yaitu penelitian
yang diarahkan untuk memberikan gejala-gejala, fakta-fakta, atau kejadiankerjadian secara secara sistematis dan akurat mengenai sifat-sifat penelitian serta
menganalisa kebenarannya berdasrkan data yang diperoleh. Teknik pengumpulan
data dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Pembahasannya
dianalisis melalui hasil wawancara serta menggunakan interprestasi. Informan
dalam penelitian ini berjumlah 1 orang pemilik kafe (kedai boogie) dan 3 orang
pengunjung/pembeli kedai boogie.
Hasil penelitian menunjukkan peran Instagram dalam menyampaikan
pesan/informasi kepada pelanggan sudah baik. Terbukti dari jawaban ketiga
informan yaitu pengunjung/pembeli kedai boogie yang menyatakan Instagram
sebagai Fasilitator, Mediator dan Komunikator.