Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah pertama untuk mengetahui
bagaimana manajemen usaha khususnya manajemen pemasaran tanaman hias
sukulen, kedua untuk mengetahui apa saja faktor internal dan faktor eksternal
yang terdapat dalam memasarkan tanaman sukulen, ketiga untuk menentukan
strategi pengembangan usaha yang tepat dalam memasarkan tanaman hias
sukulen.
Lokasi penelitian ini di Jl. Adam Malik, Kawasan Glugur By Pass, Kota
Medan, Sumatera Utara. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja.
Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dengan cara
wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data
primer dan sumber data sekunder. Metode analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dan menerapkan analisis SWOT.
Hasil penelitian ini adalah untuk strategi pengembangan usaha tanaman
hias sukulen, manajemen pemasaran tanaman hias sukulen dirancang dan
direncakan dengan baik guna mencapai keuntungan dalam perusahaan, dalam
penerapan analisis SWOT menunjukkan dimana nilai IFAS sebesar 1,28 dan nilai
EFAS 1,15 yang dimana terletak pada kuadran I yaitu pertumbuhan agresif.
Kondisi ini sangat menguntungkan bagi pedagang karena kekuatan dan peluang
dapat dimanfaatkan sekaligus mampu mengatasi masalah kelemahan dan ancaman
bagi perusahaan, maka strategi yang diterapkan adalah strategi S-O.