Abstract:
Pelabuhan Teluk Nibung sebagai salah satu sarana transportasi yang ada di
Tanjung Balai yang sangat berperan penting bagi masyarakat khusunya
masyarakat Tanjung Balai untuk melakukan perjalanan keluar atau kedalam
negeri. Karena begitu banyak nya permintaan untuk melakukan perjalanan maka
terjadi peningkatan pada penumpang setiap tahunnya. Dengan demikian dermaga
angkutan penumpang pada Pelabuhan Teluk Nibung sudah sepantasnya
mengalami penataan dan pelayanan yang lebih baik lagi. Maka, penelitian
dilakukan dalam kurun waktu 10 tahun terakhir (tahun 2010 sampai dengan tahun
2019). Analisis pelayanan fasilitas dermaga penumpang di Pelabuhan Teluk
Nibung dilakukan berdasarkan ramalan arus berangkat dan datang penumpang,
dan juga arus kunjungan kapal dengan metode regresi metode linier.
Hasil ramalan pada tahun 2019 dan 2024 untuk jumlah penumpang yang
berangkat adalah 15785 orang dan 17240 orang, dan penumpang datang adalah
15415 dan 21055 orang dengan sistem pelayanan arus lebih baik, untuk jumlah
kunjungan kapal 59 dan 143 kapal dengan sistem pelayanan harus lebih baik.