Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat efektivitas komunikasi pemasaran
Bank Muamalat KCP Gajah Mada Medan. Teori yang digunakan adalah
Komunikasi, Komunikasi Pemasaran, Kepuasan Pelanggan, Hubungan
Komunikasi Pemasaran Dengan Kepuasan Nasabah. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan
adalah kuantitatif. Populasi berjumlah 571 nasabah, dengan 35 sampel. Teknik
Analisis digunakan Uji Signifikan, Uji Determinasi, Uji Regresi Linier.
Kesimpulan dari penelitian ini bahwa dari seluruh responden yang menyatakan
komunukasi pemasaran yang tinggi sebanyak 20 orang atau 57%, yang
menyatakan dalam komunukasi pemasaran rendah sebanyak 15 orang atau 43%.
Dengan demikian dapat diketahui bahwa komunukasi pemasaran berada dalam
kategori tinggi yaitu 57%. Artinya 57% responden sudah memahami apa yang
dimaksud dengan komunukasi pemasaran. Saran dalam penelitian ini dapat
meningkatkan komunukasi pemasaran nasabah di kantor camat kecamatan Bilah
hulu hendaknya dilakukan suatu pengawasan internal yang lebih terhadap nasabah
dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Sehingga dalam keseharian nasabah tidak
terlalu santai dan tidak mencampur adukkan maslaah pribadi dengan masalah
kantor yang dapat menyebabkan kurangnya komunukasi pemasaran. Pengawasan
internal dapat dilakukan pimpinan secara langsung pada saat berlangsungnya
pekerjaan tersebut sehingga dapat mengetahui langsung kendala-kendala apa saja
yang ada dalam. kantornya, dan dapat memberikan pengaruh dan pembinaan
terhadap nasabah.