Abstract:
Penelitian ini dibuat karena terdapat problema yang terjadi dalam
pembelajaran tajwid di SMP Muhammadiyah 7 Medan. Rumusan masalah yang
diteliti adalah apa saja problema pembelajaran tajwid di SMP Muhammadiyah 7
Medan, bagaimana proses pembelajaran tajwid di SMP Muhammadiyah 7 Medan,
bagaimana upaya yang ditempuh dalam menanggulangi problema pembelajaran
tajwid di SMP Muhammadiyah 7 Medan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
problema dalam pembelajaran tajwid di SMP Muhammadiyah 7 Medan, proses
pembelajaran tajwid di SMP Muhammadiyah 7 Medan, upaya yang ditempuh
dalam menanggulangi problema pembelajaran Tajwid di SMP Muhammadiyah 7
Medan.
Penelitian ini bersifat penelitian kualitatif pendekata fenomenologis. Subjek
penelitian adalah partisipan yang terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil kepala sekolah,
Guru mata pelajaran tajwid, siswa kelas VII-2 SMP Muhammadiyah 7 Medan.
Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah pengamatan,
wawancara, dan angket melalui formulir.
Bahwa problema yang terjadi pada pembelajaran tajwid di SMP
Muhammadiyah 7 Medan adalah 1) Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi
dan sering cepat lupa 2) Suasana kelas yang tidak kondusif 3) Guru masih
menggunakan metode belajar klasik yaitu metode ceramah. Upaya yang ditempuh
untuk menanggulangi prolema yang terjadi pada pembelajaran tajwid di SMP
Muhammadiyah 7 Medan adalah 1) Guru mata pelajaran tajwid berupaya untuk
menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan untuk siswa 2) Guru akan
mencoba variasi metode belajar sesuai dengan yang dibutuhkan siswa 3) Guru
diharuskan untuk lebih peduli dengan siswa dengan cara memberi perhatian lebih
agar siswa patuh dengan guru.