Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang pengembangan
sumber belajar fiqih di Madrasah Tsanawiyah Insan Cita Medan. Jenis penelitian ini
merupakan penelitian yang bersifat deskriftif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru
mata pelajaran fiqih dan siswa Madrasah Tsanawiyah Insan Cita Medan. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi,
dan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwasumber–sumber
pembelajaran fiqih MTs Insan Cita adalah; pertama, Guru sebagai sumber utama dalam
pembelajaran fiqih. Kedua, Buku Paket Fiqih merupakan sumber pokok yang menjadi
acuan guru dalam mengajar. Ketiga, lingkungan Madrsah juga di maanfaatkan guru dan
siswa sebagai sumber belajar.dan Ke empat, Intenet juga dijadikan sumber belajar pada
materi fiqih. Pengembangan yang dilakukan guru fiqh di MTs Insan Cita adalah dengan
mebuat sumber belajar yang dirancang (Leraning resource by design)dan sumber belajar
yang dimanfaatkan (Learning resoarce by utilitarian)