Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas tingkat kesukaran dan
daya pembeda soal Ujian Akhir Semester di SMK Swasta Imelda Medan. Penelitian ini
menggunakan metode campuran (mix method). Analisis dalam penelitian ini dilakukan
secara kuantitatif dengan menghitung data berdasarkan rumus dan secara kualitatif
dengan penjabaran dari hasil data kuantitatif yang telah diperoleh. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas XII TKJ-1 yang berjumlah 30 orang. Teknik dan alat pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan analisis data yang
terdapat dalam dokumen-dokumen soal, lembar jawaban, dan kunci jawaban. Hasil
penelitian yang diperoleh adalah; 1) Soal yang termasuk dalam kategori mudah terdapat
10 soal (33%), dalam kategori sedang 8 soal (27%) dan dalam kategori sukar 12 soal
(40%). 2) Soal dengan daya pembeda jelek sekali terdapat 1 soal (3%), kategori jelek 21
soal (70%), kategori cukup 6 soal (20%), kategori baik 2 soal (7%) dan baik sekali 0.
Dengan demikian soal Pendidikan Agama Islam yang diujikan pada Ujian Akhir
Semester genap di kelas XII TKJ-1 kurang baik.