Abstract:
Televisi merupakan salah satu media yang berperan aktif dalam
menyiarkan dan menyebar luaskan informasi kepada masyarakat. Melalui televisi,
masyarakat dapat mengetahui tentang partai Perindo yang telah di pimpin oleh
Bapak Hary Tanoesoedibjo untuk di perkenalkan melalui iklan yang setiap
harinya muncul dari beberapa stasiun televisi swasta.
Persatuan Indonesia atau biasa disingkat Partai Perindo adalah sebuah
partai politik di Indonesia. Partai ini didirikan oleh Hary Tanoesoedibjo,
pengusaha dan pemilik MNC Group, sebuah perusahaan yang bergerak dalam
bidang media. Perindo di deklarasikan pada 7 Februari 2015 di Jakarta
International Expo, Kemayoran, Jakarta. Kini dalam pendirian Partai Perindo,
Hary Tanoe mengungkap Indonesia sebagai negara berkembang masih memiliki
banyak masalah. Adanya banyak tantangan ke depan, menggugah Perindo untuk
memperbaiki Indonesia. Partai
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana opini masyarakat
Lingkungan VI Kelurahan Sidorame Barat I kecamatan Medan Perjuangan
terhadap iklan Partai Persatuan Indonesia (perindo) sebagai partai baru di televisi
swasta tentang mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui pesan video yang
telah ditampilkan beserta hymne perindo yang di nyanyikan.
Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi,
komunikasi massa, media massa, televisi, iklan, agenda setting, dan opini publik.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dan angket sebagai alat
pengumpulan data. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah teknik purposive sampling. Data di analisis dengan menggunakan analisis
frekuensi tabel tunggal.
Dari hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa opini masyarakat terhadap
iklan adalah positif. Namun opini masyarakat terhadap isi pesan iklan adalah
negatif. Hal tersebut dikuatkan oleh keputusan mereka bahwa mereka kurang atau
tidak mendukung Pimpinan Partai Perindo maju sebagai Presiden Republik
Indonesia pada Pemilihan Umum tahun 2019 mendatang.