Abstract:
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk Mengetahui pengaruh produk
terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha pada PT SJKM Yamaha
Titipapan. Untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian
sepeda motor Yamaha pada PT SJKM Yamaha Titipapan. Untuk mengetahui
pengaruh produk, dan promosi secara simultan terhadap keputusan pembelian
sepeda motor Yamaha pada PT SJKM Yamaha Titipapan.
Populasi adalah keseluruhan konsumen yang menggunakan sepeda motor
Yamaha Mio, mengingat jumlah populasi tidak diketahui dengan pasti maka
penulis menetapkan Quota atas sampel yang akan diambil sebanyak 100 PT SJKM
Yamaha Titipapan pengguna sepeda motor Yamaha Mio J dengan teknik penarikan
sampel yang digunakan yaitu Sampling Accidental yang merupakan teknik
penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan
bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel. Tehnik pengumpulan
data pada penelitian ini adalah angket (Questioner) dan wawancara (interview).
Tehnik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda, uji asumsi klasik, uji
t, uji F dan koefisien determinasi.
Secara parsial, ada pengaruh yang signifikan variabel produk terhadap keputusan
pembelian sepeda motor Yamaha Mio J. Ada pengaruh yang signifikan variabel
promosi terhadap keputusan pembelian Sepeda motor Yamaha Mio J. Persamaan
regresi ganda linier untuk produk dan promosi) adalah: Y = 10,383 + 0,363 X1 +
0,379 X2 persamaan ini memperlihatkan bahwa semua variabel bebas memiliki
koefisien bi yang positif sehingga dapat diartikan jika produk dan promosi
ditingkatkan maka akan meningkatkan keputusan pembelian. Dari uji F
diperoleh 40,468 dengan sig 0,000 < 0,05, menunjukkan Ho ditolak dan Ha
diterima, berarti X1 dan X2 (produk dan promosi) berpengaruh secara signifikan
terhadap Y (keputusan pembelian) pada taraf 0,05.