Abstract:
Pengajaran ibadah sangatlah diperlukan, mengingat zaman sekarang ini,
merosotnya tingkat atau nilai – nilai agama yang di miliki oleh anak di karenakan
perkembangan zaman yang sudah sangat maju, sehingga bisa menyebabkan anak
terjerumus kearah yang tidak baik. Pengajaran ibadah bisa di terapkan sejak anak
usia dini hingga anak tumbuh besar, sehingga akhlak anak akan lebih baik di
kemudian hari. Pengajaran ibadah ini di lakukan untuk mendapatkan kebahagiaan
dan keselarasan hidup terhadap diri mereka.
Yayasan Pendidikan Adlin Murni merupakan Yayasan yang mempunyai
perhatian terhadap pendidikan dalam mencapai kualitas ibadah siswa/siswi,
akhlak mereka serta kemampuan dalam menjalankan ibadah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa hambatan atau kendala
dalam pelaksanaan komunikasi persuasif untuk meningkatkan kualitas ibadah
Ramadhan siswa/siswi di Yayasan Pendidikan Adlin Murni Tembung.
Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif
dengan melakukan analisis deskriptif, analisis terhadap komunikasi persuasif guru
kepada murid dalam meningkatkan ibadah Ramadhan. Penulis mencoba
memaparkan semua data yang diperoleh melalui pengamatan, wawancara, dan
data – data yang di perlukan dalam penelitian ini.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data dalam meningkatkan kualitas
ibadah Ramadhan siswa di Yayasan Adlin Murni, ini terbukti dengan adanya
kegiatan yang berkaitan dengan ibadah Ramadhan dalam meningkatkan ibadah
serta memperbaiki akhlak mereka.
Dengan itu untuk kedepannya, harus bisa meningkatkan berbagai kegiatan
keagamaan dalam membimbing siswa sehingga terciptanya serta kemampuan
siswa dalam beribadah, sehingga memperoleh hasil yang baik dan sesuai dengan
syariat islam