Abstract:
Tujuan dari penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui pengaruh harga santan
kemasan sun kara (X1), harga santan non merk (X2), pendapatan (X3) dan Jumlah
Tanggugan Keluarga (X4) terhadap permintaan santan kemasan di pasar
Sukaramai Kecamatan Medan Area Kota Medan
Kesimpulan diperoleh hasil sebagai berikut: 1). Angka R2 (R Square)
sebesar 0,774 atau (77,4%). Hal ini menunjukkan bahwa presentase sumbangan
pengaruh variable independen pedapatan konsumen (X1), harga santan kemasan
(X2), harga santan non kemasan (X3) dan jumlah aggota keluarga (X4). Terhadap
variable dependen (permintaan Santan kemasan) sebesar 77,4%. Sedangkan
sisanya sebesar 22,6% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak
dimasukkan dalam model penelitian ini. 2). Berdasarkan hasil uji statistic
diperoleh nilai f-hitung = 21,422 pada taraf tingkat kepercayaan 95% (α = 0,05).
Oleh karena itu f hitung> f table atau21,422 > 2,98 berarti diterima dan ditolak.
Hal ini menunjukkan variable independen pedapatan konsumen (X1), harga
santan kemasan (X2), harga santan non kemasan (X3) dan jumlah aggota keluarga
(X4 secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap permintaan Santan
kemasan 3). Dari hasil uji t diperoleh hanya tingkat pendapatan (X1) harga santan
kemasan (X2) dan jumlah anggota keluarga (X4) yang berpengaruh signifikan
terhadap permintaan Santan kemasan sedangkan variable harga santan non
kemasan (X3) tidak berpengaruh nyata terhadap permintaan Santan kemasan