Abstract:
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa konsep pendidikan karakter di
SMP Muhammadiyah 1 Medan, bagaimana proses implementasi pendidikan karakter melalui AlIslam dan Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 1 Medan, dan apa faktor pendukung dan
penghambat dalam pendidikan karakter di SMP Muhammadiyah 1 Medan. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui konsep pendidikan karakter, mengetahui proses implementasi
pendidikan karakter dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan dalam
pendidikan karakter di SMP Muhammadiyah 1 Medan. SMP Muhammadiyah.
Jenis penelitiannya adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian
ini memperhatikan proses dan peristiwa yang sedang berlangsung. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas dengan
menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Sumber
datanya yaitu siswa, kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru SMP Muhammadiyah 1
Medan, sedangkan staf sekolah SMP Muhammadiyah 1 Medan merupakan sumber data tambahan
atau pendukung dalam penelitian ini.
Hasil dari penelitian ini adalah Konsep penerapan pendidikan karakter siswa di SMP
Muhammadiyah 1 Medan disesuaikan dengan visi SMP Muhamamdiyah 1 Medan sebagai pilihan
dan kebanggaan umat. (shaleh, berilmu dan berakhlak mulia) dalam bidang IPTEK maupn
IMTAQ. Proses implementasi Nilai karakter melalui Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di SMP
Muhammadiyah 1 Medan sebagai upaya pembentukan karakter yang baik, dilakukan dengan
adanya keteladanan dan pembiasaan. Faktor pendukungnya adalah sekolah, guru dan
lingkungan. Sedangkan faktor penghambanya adalah keterbatasan waktu belajar, kesibukan
orang tua dan lingkungan.