Research Repository

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Group To Group Exchange Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Muhammadiyah 57 Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Lestari, Meli
dc.date.accessioned 2020-11-19T06:44:22Z
dc.date.available 2020-11-19T06:44:22Z
dc.date.issued 2020-10-30
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13784
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran group to group exchange terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 57 Medan. Sedangkan yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran group to group exchange terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Adapun jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 57 Medan sebanyak 84 siswa. Sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini secara acak (random sampling) sehingga di peroleh anggota sebanyak 50 siswa, terdiri dari kelas VIII-B dan VIII-C. metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengaruh penggunaan model pembelajaran group to group exchange terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 57 Medan, sangat berpengaruh, hal ini dibuktikan dari hasil koefisien korelasi product moment dengan tabel nilai “r” product moment pada taraf signifikasi 5% dan 1% diperoleh nilai rxy= 0,668 lebih besar dari r tabel baik itu taraf signifikasi 5% dan 1% (0,396 dan 0,505), dengan formulasi yang diperbandingkan yaitu (0,668 ≥ 0,396 dan 0,505), maka dapat diambil kesimpulan bahwa “terdapat pengaruh positif” antara model pembelajaran group to group exchange terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Muhammadiyah 57 Medan. en_US
dc.subject Model Pembelajaran Group To Group Exchange, en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Group To Group Exchange Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Muhammadiyah 57 Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account