Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui apakah ada
pengaruh penggunaan model pembelajaran group to group exchange terhadap
hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di SMP
Muhammadiyah 57 Medan. Sedangkan yang menjadi tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran group to
group exchange terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan
agama Islam. Adapun jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan
metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII
SMP Muhammadiyah 57 Medan sebanyak 84 siswa. Sedangkan sampel yang
diambil dalam penelitian ini secara acak (random sampling) sehingga di peroleh
anggota sebanyak 50 siswa, terdiri dari kelas VIII-B dan VIII-C. metode
pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar. Dari hasil penelitian
ini dapat disimpulkan bahwa pengaruh penggunaan model pembelajaran group to
group exchange terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah
57 Medan, sangat berpengaruh, hal ini dibuktikan dari hasil koefisien korelasi
product moment dengan tabel nilai “r” product moment pada taraf signifikasi 5%
dan 1% diperoleh nilai rxy= 0,668 lebih besar dari r tabel baik itu taraf signifikasi
5% dan 1% (0,396 dan 0,505), dengan formulasi yang diperbandingkan yaitu
(0,668 ≥ 0,396 dan 0,505), maka dapat diambil kesimpulan bahwa “terdapat
pengaruh positif” antara model pembelajaran group to group exchange terhadap
hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP
Muhammadiyah 57 Medan.