Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui keterampilan mengajar guru (2)
mengetahui kendala yang dihadapi guru (3) mengetahui solusi yang dilakukan guru
dalam menyempurnakan keterampilan mengajar pada pembelajaran Akidah Akhlak di
kelas IX SMP Swasta Al-Manar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif
deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru Akidah Akhlak di kelas IX. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan mengajar guru rata-rata 76,66%
dengan kategori baik. Penerapan keterampilan mengajar guru sudah berjalan secara
optimal. (2) Kendala yang dihadapi guru yaitu kendala dalam menggunakan metode
mengajar yang tepat, alat dan media pembelajaran, mengelola kelas. (3) Solusi yang
dilakukan guru yaitu lebih berinisiatif untuk menguasai teknik dan metode dalam
mengajar, alat dan media yang berhubungan dengan materi. Lebih kreatif untuk
memancing siswa lebih aktif.