Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media poster
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan metode Quasi
Eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 26 siswa kelas XI IPA 1 untuk kelas
eksperimen dan 24 siswa kelas XI IPA 2 untuk kelas kontrol. Teknik pengambilan
sampel yaitu Purposive Sampling, instrumen yang digunakan dalam penelitian
berupa tes berbentuk pilihan berganda yang telah diuji validitas dan
reliabilitasnya. Adapun teknik pengumpulan data berupa tes yang berjumlah 15
soal dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian adalah uji t.
Hasil penelitian menunjukan bahwa media poster yang diterapkan dikelas
eksperimen dapat mempengaruhi hasil belajar siswa secara signifikan pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil
belajar siswa yang di ajarkan dengan media poster pada kelas eksperimen mendapatkan
mean x= 84,08. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang tidak menggunakan
media poster pada kelas kontrol mendapatkan mean x= 69,50. Hasil analisis data dengan
menggunakan uji t di peroleh nilai thitung = 5,55 dan ttabel = 1,67 sehingga hasil
perhitungan menunjukkan bahwa thitung lebih tinggi dari ttabel ( thitung > ttabel : 5,55 > 1,67 ).