Abstract:
Penelitian ini dibuat karena keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam yang masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk
melihat bagaimana implementasi keterampilan guru dalam menggunakan variasi
mengajar, keaktifan belajar siswa, serta apakah keterampilan guru dalam
menggunakan variasi mengajar berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa
pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 57
Medan. Jenis penelitian yang digunakan disini ialah penelitian kuantitatif dengan
menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket dan
dokumentasi. Pengolahan analisis data menggunakan rumus product moment,
validitas, reliabilitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil yang diperoleh,
keterampilan guru dalam menggunakan variasi mengajar dikategorikan
“Baik”dengan persentase 78% dan keaktifan belajar siswa dikategorikan
“Baik”dengan persentase 70%, dan dari hasil rumus product moment pada taraf
sigifikansi 5% diperoleh nilai rxy = 0,410 lebih besar daripada nilai rtabel = 0,355
dengan formulasi perbandingan yaitu (0,410 ≥ 0,355). Maka dapat disimpulkan
terdapat pengaruh positif antara keterampilan guru dalam menggunakan variasi
mengajar terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam di SMP Muhammadiyah 57 Medan.