Abstract:
Perilaku konsumen sangat mempengaruhi hidup perusahaan sebagai
lembaga yang berusaha memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dengan
mempengaruhi sikap konsumen para pemasar atau perusahaan berharap dapat
mempengaruhi perilaku pembelian konsumen.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh
antara tarif dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Pelabuhan
indonesia 1 (persero) medan
Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tarif
dan fasilitas. Sedangkan variabel dependennya adalah kepuasan pelanggan.
Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan
Asosiatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan
menggunakan kuesioner dan wawancara. Sedangkan teknik analisis datanya
dengan menggunakan korelasi sederhana, Uji t, Uji F dan Koefisien Determinasi.
Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software SPSS
(statistik package for the social science) for windows.
Berdasarkan hasil pembahasan diketahui adanya pengaruh signifikan
secara parsial antara variabel tarif ( XI ) terhadap kepuasan pelanggan ( Y) dan
fasilitas ( X2) berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan (Y) dan secara simultan
menyatakan bahwa tarif (XI) dan fasilitas (X2) berpengaruh terhadap kepuasan
pelanggan (Y)
Penelitian ini menerima hipotesis peneitian, yaitu tarif dan fasilitas
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Pelabuhan
indonesia 1 (persero) Medan.