Abstract:
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan permainan
education kata acak sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan hasil
belajar siswa.Jenis data dalam penelitian ini adalah berupa tekstual atau konsepkonsep.Karena
dalam penelitian ini Sebagaimana telah disebutkan di atas
termasuk kedalam jenis studi literatur.Dengan demikian aspek-aspek yang
peneliti analisis melingkupi definisi, konsep, pandangan, pemikiran dan
argumentasi yang terdapat dalam literatur yang relevan dengan
pembahasan.Hasil akhir pemanfaatan permainan education ini adalah media
pembelajaran kata acak dengan materi akuntansi sebagai hasil interaksi siswa
yang layak digunakan sebagai sumber belajar akuntansi.Pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan Library Research. media oleh penelitian
literatur dalam meningkatkan minat hasil belajar siswa yang baik dan
memudahkan siswa untuk mengingat mata pelajaran akuntansi, dari teori dan
fakta yang telah diuraikan pada jurnal, maka guru/pendidik harus mampu
memahami cara berfikir remaja dan memberikan metode pembelajaran yang
tepat, dengan adanya permainan education kata acak ini diharapkan akan
mengarahkan kebiasaan siswa yang suka bermain permainanini dapat diarahkan
kepada hal yang positif. Berdasarkan hasil penelitian penerapan sistem
permainan education kata acak dapat membuat meningkatkan hasil belajar siswa
lebih baik, dengan menggunakan media ini siswa semangat untuk belajar, hasil
belajar yang dicapai siswa dipengaruhi oleh dua faktor utama yakni faktor dari
dalam diri siswa itu (faktor internal) dan faktor yang datang dari luar diri siswa
(faktor eksternal).