Abstract:
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan
anak menghafal surah Al-Kafirun di RA An-Namiroh. Rendahnya kemampuan anak
menghafal surah Al-Kafirun disebabkan karena kurangnya kreatifitas guru dalam
menerapkan metode pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah meningkatkan
kemampuan anak menghafal surah Al-Kafirun melalui metode pembelajaran Reading
Aloud di RA An-Namiroh. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang
dilakukan dalam beberapa siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan
tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi yang dilaksanakan dengan tiga siklus.
Penelitian ini dilakukan di RA An-Namiroh dengan obyek anak-anak RA An-Namiroh
yang memiliki jumlah anak 15 orang terdiri dari anak laki-laki berjumlah 11 orang
dan anak perempuan 4 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu
menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh peneliti dengan berkolaborasi
bersama guru kelas. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi
peningkatan kemampuan anak dalam menghafal surah Al-Kafirun. Peningkatan
kemampuan anak menghafal surah Al-Kafirun mengalami peningkatan secara
bertahap pada kondisi awal sebelum pemberian tindakan hasil rata-rata yang
diperoleh pada pra siklus yaitu 31,6 %, sedangkan pada siklus 1 diperoleh hasil akhir
rata-rata kemampuan anak menghafal surah Al-Kafirun sebesar 51,6 % dan pada
siklus 2 diperoleh hasil rata-rata 69,9 %. Pada siklus 3 diperoleh hasil rata-rata
kemampuan anak menghafal surah Al-Kafirun sebesar 81,6 %. Dari hasil penelitian
tindakan kelas yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan anak menghafal
surah Al-Kafirun dengan metode pembelajaran Reading Aloud terbukti dapat
meningkatkan kemampuan anak menghafal surah Al-Kafirun.