Abstract:
Penelitian ini di latarbelakangi oleh penomena komunikasi antar budaya etnis
tamil dengan etnis pribumi di kota medan dalam konteks hubungan dagang.
Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah tentang bagaimana komunikasi
yang berlangsung antar budaya pedagang etnis tamil dalam melayani pembeli
pribumi di kuliner pagaruyung kota medan. Teori – toeri yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Teori Komunikasi, Proses Komunikasi, Komunikasi Verbal
dan Nonverbal, Komunikasi Antarbudaya, Hubungan Komunikasi Dengan
Budaya, Interaksi Sosial, Hambatan Komunikasi, Masyarakat Pribumi, Etnis
Tamil. Sedangkan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kualitatif. Narsumbet atau informan dalam penelitian ini adalah 4 orang, yang
terdiri dari 1 pedagang etnis Tamil dan 3 pembeli Pribumi di Kuliner Pagaruyung
Kota Medan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini
melalui dua cara penelitian kepustakan ( Libarary Research ) dan Penelitian
Lapangan ( Field Research) . Teknik analisis data yang digunakan adalah metode
kualitatif. Hasil penelitian Menujukan bahwa komunikasi yang terjadi antara
pedagang dan pembeli pribumi yang berbeda kebudayaan tidak mempunyai
kendala dalam hal komunikasi. Ini dikarenakan sikap saling mempercayai dan
yakinnya pembeli dengan pedagang etnis tamil, masalah kepercayaan agama dan
budaya sudah tidak lagi di permasalahkan dalam komunikasi di karenakan sikap
toleransi yang di pedagang dan pembeli yang berbeda kebudayaan.