Abstract:
Tujuan penelitian untuk mengukur dan menganalisis tingkat kepuasan
anggota koperasi terhadap pelaksanaan pelayanan, dan serta menetapkan solusi
kebijakan yang harus diterapkan Koperasi Simpan Pinjam Surya Abadi Mandiri
Medan Krio dalam rangka peningkatan pelayanan terhadap anggota. Dengan
menggunkan metode Important Performance Analysis (IPA) dan Customer
Satisfaction Index (CSI) kedua metode ini bertujuan untuk menilai sejauh mana
pelayanan yang diberikan dan untuk menentukan kebijakan serta peningkatan
mutu pelayanan menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian
menunjukkan bawah pelayanan KSP Surya Abadi Mandiri dapat dinyatakan
dalam kategori sangat penting dan sangat puas akan tetapi ada beberapa atribut
yang mesti harus ditingkatkan lagi secara umum dapat dikatakan bahwa kinerja
KSP Surya Abadi Mandiri sudah dapat memuaskan para anggotanya. Akan tetapi
ada beberapa atribut yang dinggap harus ditingkatkan. Dari hasil penilain metode
Important Performance Analysis (IPA) menenujukkan bahwa KSP Surya Abadi
Mandiri harus memperhatikan pelayanan pada kuadran Prioritas Utama (A)
sebanyak 4 atribut . Dan pada hasil Customer Satisfaction Index (CSI) yaitu
mendapatkan nilai sebesar 89,41 dengan nilai tersebut dapat dinyatakan bawah
anggota sangat puas akan kinerja koperasi. Dan untuk kebijkan dan solusi bagi
beberapa atribut yang harus ditingkatkan yaitu dengan memberikan para pengurus
pelatihan dengan begitu dapat menambah wawasan sehingga pengurus lebih cepat
dalam menanggapi dan memberikan solusi kepada anggota .