Abstract:
Di era modern dan kebebasan informasi seperti sekarang ini, berbagai
elemen sosial saling bersaing memperebutkan perhatian publik. Salah satunya
yaitu pemanfaataan website serta perannya.Website merupakan halaman yang
menampilkan berbagai macam gambar diam atau bergerak, suara, video yang
bersifat statis maupun dinamis.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana peran website dalam
meningkatkan citra sebuah lembaga pendidikan yaitu Pondok Pesantren Modern
Muhammadiyah Kwala Madu Langkat. Adapun uraian teoritis yang digunakan
penulis dalam penelitian ini adalah pengertian komunikasi, pengertian komunikasi
massa, audiensi massa, pengertian, manfaat, dan tujuan website, Elektronic Public
Relation (E-PR) dan pengertian serta macam-macam Citra.
Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode Deskriptif Kualitatif,
yang menggambarkan kenyataan atau kejadian apa adanya sesuai hasil yang
sebenarnya. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan
adalah wawancara mendalam dengan narasumber sebanyak 4 (empat) orang yang
berkaitan langsung dengan website Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah
Kwala Madu Langkat. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Modern
Muhammadiyah Kwala Madu Langkat yang tepatnya di jalan Tanjung Pura km
32, Simpang Pabrik Gula Kwala Madu, Desa Sidomulyo, Kecamatan Binjai Kode
Pos 20761. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa website Pesantren
sangat berguna dalam memberikan informasi yang berkaitan langsung dengan
Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Kwala Madu Langkat, sehingga
masyarakat dapat lebih mengetahui tentang Pesantren tersebut, kemudian
Masyarakat tertarik untuk mendaftarkan putra/putrinya menjadi santri/santriah di
Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Kwala Madu Langkat.