Abstract:
Permasalahan selalu ada dalam kehidupan, siswa yang kurang mampu memahami, dalam
pelajaran atau menyampaikan pendapat dengan baik, terutama dalam proses belajar mengajar,
kurang mampu tanggap terhadap pertanyaan-pertanyaan dikelas, takut untuk mengeluarkan
pendapat dan ragu-ragu, kurang mampu mengontrol diri saat diberi pertanyaan dikelas. Tujuan
penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar di kelas VIII SMP Negeri 29 Medan
Tahun Pembelajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP
Negeri 29 Medan berjumlah 31 siswa dan objeknya 18 siswa. Pada siklus I peneliti memberikan
layanan bimbingan klasikal dengan materi keterampilan belajar dan teknik mempelajari bahasa
indonesia yang diberikan dalam tiga kali pertemuan. Sedangkan pada siklus II peneliti
memberikan layanan bimbingan klasikal dengan materi cara belajar yang efektif dan konsentrasi
dalam belajar. Teknik analisa data yang digunakan adalah dengan menggunakan perbandingan
hasil belajar siswa sebelum mendapaatkan layanan dan sesudah mendapatkan layanan. Untuk
mencari persentase siswa yang mengalami peningkatan pada hasil belajarnya menggunakan
rumus, Interval k =
.
pada siklus I peningkatan 43,3%(cukup) siswa dari keseluruhan siswa kelas yaitu 18 orang
mengalami peningkatan hasil belajarnya. pada siklus II sebanyak 2.4 poin dengan demikian nilai
rata-rata hasil belajar bahasa
indonesia yaitu dari 73,7 menjadi 76,1.