Abstract:
Penelitian yang telah peneliti lakukan di RA Firdausy Kecamatan Medan
Denai pada kelompok B dengan 15 anak bertujuan untuk meningkatkan
kecerdasan kognitif melalui bermain teka-teki pada anak RA Firdausy Kecamatan
Medan Denai. Indikator observasi dengan empat indikator yaitu anak memahami
pembelajaran teka-teki, anak dapat memberikan teka-teki kepada teman, anak
dapat menjawab teka-teki, dan kecerdasan kognitif anak. Hasil penelitian
menunjukkan terjadi peningkatan kecerdasan kognitif anak yang diawali dari pra
siklus hingga siklus III. Peningkatan pembelajaran untuk meningkatkan
kecerdasan kognitif melalui bermain teka-teki di RA. Firdausy Kecamatan Medan
Denai ditunjukkan mulai dari pra tindakan bahwa secara keseluruhan atau rata rata kelas peningkatan hasil penelitian ini dalam bentuk persen diawali dari pra
siklus adalah 20%. Selanjutnya pada siklus I terjadi kenaikan menjadi 51,7%, dan
pada siklus II terjadi kenaikan mencapai 83,4%, akan tetapi ada satu indikator
yang belum tercapai sebesar 80% selanjutnya pada siklus III terjadi peningkatan
dan hasil pembelajaran mencapai 91,7%. Hasil penelitian tersebut membuktikan
bahwa melalui bermain teka-teki dapat meningkatkan kecerdasan kognitif anak
usia dini, sebagaimana yang telah peneliti lakukan di RA. Firdausy Kecamatan
Medan Denai.