Abstract:
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus.
Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: tahap persiapan dan perencanaan, tahap
pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap analisis dan refleksi tindakan. Tujuan
penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan sains anak dalam mengenal sifat-sifat air
melalui metode eksperimen pada anak RA Firdausy Kecamatan Medan Denai. Observasi
dan penilaian menggunakan empat indicator penilaian yaitu mengenal sifat air,
mengetahui volume air, mengetahui perubahan pada air,dan mengetahui arus air
mengalir. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada anak RA. Firdausy
Kecamatan Medan Denai dengan 15 anak dan empat indikator observasi yaitu mengenal
sifat-sifat air, mengetahui volume air, mengetahui perubahan pada air, dan mengetahui
arus air mengalir, bahwa melalui metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan
sains anak mengenal sifat-sifat air pada anak RA. Firdausy Kecamatan Medan Denai. Hal
ini ditunjukkan mulai dari pra tindakan bahwa secara keseluruhan atau rata-rata kelas.
Peningkatan hasil penelitian ini dalam bentuk persen diawali dari pra siklus hasil
pembelajaran mengenal sifat air sebelum menggunakan metode eksperimen adalah
23,35%. Selanjutnya pada siklus I terjadi peningkatan sehingga rata-rata pada siklus I
dan menggunakan metode eksperimen menjadi 56,65%, dan pada siklus II terjadi
peningkatan sehingga rata-rata secara keseluruhan mencapai 68,3%, pada siklus III
terjadi peningkatan hasil pembelajaran dengan rata-rata secara keseluruhan mencapai
93,4%. Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa metode eksperimen memiliki
pengaruh yang besar terhadap pembelajaran kemampuan sains anak dalam mengenal
sifat-sifat air. Hal ini peneliti lakukan melalui langkah-langkah pembelajaran yang telah
disusun dalam rencana kegiatan harian. Pembelajaran diawali dengan menyiapkan media
yang akan digunakan pada tiap-tiap pembelajaran atau siklus, dilanjutkan dengan
mendemonstrasika eksperiemn pada anak, dan anak juga melakukannya. Kemudian anak
satu persatu melakukan eksperimen terhadap sifat-sifat air.