Research Repository

Upaya meningkatkan kemampuan sains dengan mengenal sifat-sifat air melalui metode eksperimen pada anak RA Firdausy Kecamatan Medan Denai

Show simple item record

dc.contributor.author Hayati, Elfi
dc.date.accessioned 2020-11-19T03:54:27Z
dc.date.available 2020-11-19T03:54:27Z
dc.date.issued 2016-10-29
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13672
dc.description.abstract Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: tahap persiapan dan perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap analisis dan refleksi tindakan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan sains anak dalam mengenal sifat-sifat air melalui metode eksperimen pada anak RA Firdausy Kecamatan Medan Denai. Observasi dan penilaian menggunakan empat indicator penilaian yaitu mengenal sifat air, mengetahui volume air, mengetahui perubahan pada air,dan mengetahui arus air mengalir. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada anak RA. Firdausy Kecamatan Medan Denai dengan 15 anak dan empat indikator observasi yaitu mengenal sifat-sifat air, mengetahui volume air, mengetahui perubahan pada air, dan mengetahui arus air mengalir, bahwa melalui metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan sains anak mengenal sifat-sifat air pada anak RA. Firdausy Kecamatan Medan Denai. Hal ini ditunjukkan mulai dari pra tindakan bahwa secara keseluruhan atau rata-rata kelas. Peningkatan hasil penelitian ini dalam bentuk persen diawali dari pra siklus hasil pembelajaran mengenal sifat air sebelum menggunakan metode eksperimen adalah 23,35%. Selanjutnya pada siklus I terjadi peningkatan sehingga rata-rata pada siklus I dan menggunakan metode eksperimen menjadi 56,65%, dan pada siklus II terjadi peningkatan sehingga rata-rata secara keseluruhan mencapai 68,3%, pada siklus III terjadi peningkatan hasil pembelajaran dengan rata-rata secara keseluruhan mencapai 93,4%. Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa metode eksperimen memiliki pengaruh yang besar terhadap pembelajaran kemampuan sains anak dalam mengenal sifat-sifat air. Hal ini peneliti lakukan melalui langkah-langkah pembelajaran yang telah disusun dalam rencana kegiatan harian. Pembelajaran diawali dengan menyiapkan media yang akan digunakan pada tiap-tiap pembelajaran atau siklus, dilanjutkan dengan mendemonstrasika eksperiemn pada anak, dan anak juga melakukannya. Kemudian anak satu persatu melakukan eksperimen terhadap sifat-sifat air. en_US
dc.subject Sains en_US
dc.subject Sifat Air en_US
dc.subject Metode Eksperimen en_US
dc.title Upaya meningkatkan kemampuan sains dengan mengenal sifat-sifat air melalui metode eksperimen pada anak RA Firdausy Kecamatan Medan Denai en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account