Abstract:
Pendidikan Islam adalah pendidikan yang Islami, artinya segala sesuatu yang berkaitan
dengan faktor, upaya dan kegiatan pendidikan bersifat Islam, merujuk kepada konsep konsep yang terkandung dalam ayat-ayat Allah yang tertulis maupun yang tidak tertulis
pada setiap tingkatannya, baik filosofis, konsep, teoritis maupun praktis. Sedangkan
Ahmad Tafsir memaknai pendidikan Islam sebagai bimbingan yang diberikan seseorang
secara maksimal sesuai dengan ajaran Islam. Berdasarkan hasil penelitian yang telah
dilakukan bahwa melalui metode bercerita dengan cerita Islami di RA. Nurul Aflah
Kecamatan Medan Labuhan dapat menanamkan nilai-nilai Agama Islam pada anak. Hal
ini ditunjukkan mulai dari pra tindakan bahwa secara keseluruhan atau rata-rata kelas
peningkatan hasil penelitian ini dalam bentuk persen diawali dari pra siklus adalah 20%.
Selanjutnya pada siklus I terjadi kenaikan menjadi 66,7%, dan pada siklus II terjadi
kenaikan mencapai 83,4%, akan tetapi ada satu indikator yang belum tercapai sebesar
80% selanjutnya pada siklus III terjadi peningkatan dan hasil pembelajaran mencapai
91,2%. Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa metode bercerita dengan cerita
Islami dapat menanamkan nilai-nilai Agama Islam pada anak usia dini, sebagaimana
yang telah peneliti lakukan di RA Nurul Aflah Kecamatan Medan Labuhan.