Abstract:
Strategi Marketing Public Relation dalam meningkatkan jumlah customer
(Studi Deskriptif Kualitatif di Helloki Cafe di Pangkalan Brandan).
Penelitian ini bertujuan menggambarkan strategi marketing public relation
dalam meningkatkan jumlah customer berdasarkan teori Kotler (1997:46) yaitu
bauran pemasaran yang terdiri dari empat P (4P) yaitu product (produk), price
(harga), place (tempat), dan promotion (promosi).
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu penelitian deskriptif yang
melukiskan fakta secara factual dan cermat serta penelitian kualitatif yang berarti
menghasilkan penemuan-penemuan yang tidak dapat diperoleh dengan cara sta
tistik atau pengukuran. Penelitian ini mendeskripsikan strategi pemasaran yang
dilakukan oleh Owner atau pemilik Helloki Coffeshop dengan dibantu oleh divisi
Humas yang meliputi Product (produk), Price (harga), Place (tempat), kemudian
P keempat adalah Promotion (promosi). Data yang dikumpulkan melalui wawan
cara mendalam dengan owner dan divisi Humas Helloki Coffeshop sebagai key
informan dan beberapa konsumen sebagai informan sekaligus untuk menguji
keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari keempat strategi
pemasaran humas yang dilakukan Helloki Coffeshop dalam meningkatkan jumlah
customernya adalah promotion (promosi).