Abstract:
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh promosi
terhadap keputusan konsumen membeli mobil Avanza pada PT. Astra International,
Tbk. Auto 2000. Untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap keputusan
konsumen membeli mobil Avanza pada PT. Astra International, Tbk. Auto 2000.
Untuk mengetahui pengaruh promosi dan brand image terhadap keputusan konsumen
membeli mobil Avanza pada PT. Astra International, Tbk. Auto 2000.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli pada
PT. Astra International Tbk Auto2000 – Medan, dimana jumlah populasi dalam
penelitian ini tidak terukur. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik non
probality sampling yakni teknik yang tidak memberikan peluang atau kesempatan
sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. penulis
menentukan sampel sebanyak 100 orang untuk mewakili populasi dalam penelitian
dengan teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu Accidental Sampling yang
merupakan teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah questioner (angket) dan
studi dokumen. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi
klasik, regresi linier berganda, uji-t, uji-F dan koefisien determinasi.
Promosi berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan konsumen
pada PT. Astra International, Tbk. Auto2000. Brand image berpengaruh signifikan
dan positif terhadap keputusan konsumen pada PT. Astra International, Tbk.
Auto2000. Promosi dan brand image berpengaruh secara signifikan dan positif
terhadap keputusan konsumen pada PT. Astra International, Tbk. Auto2000 pada
taraf a0,05.