Abstract:
Humas kini sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan
organisasi atau perusahaan. Di banyak perusahaan, humas sudah mulai
memperoleh tempat yang cukup baik dalam struktur organisasi yang ingin tetap
eksis dan berdaya saing demi kemajuan mereka, salah satu bagian dengan
peran yang paling menonjol dalam perusahan atau lembaga adalah peran
humas (hubungan masyarakat) mengingat bahwa salah satu tujuan humas
adalah pertama, menumbuh kembangkan citra perusahaan yang positif baik
untuk publik eksternal (masyarakat atau customer, atau konsumen), serta
publik internal (karyawan dan staf perusahaan/lembaga yang bersangkutan),
kedua, mendorong tercapainya saling pengertian antara publik sasaran dengan
perusahaan. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui peran humas dalam
mempertahankan citra positif perusahaan pada PT. Socfindo Medan. Terdapat
dua teori yang mendasari penelitian ini, yaitu teori Humas dan Citra. Teori
Humas yang dimaksud dalam penelitian adalah humas sebagai penjaga citra
positif sebuah perusahaan. Teori Citra dalam penelitian ini dimaksud citra
adalah kesan yang diperoleh perusahaan berdasarkan hasil kerja keras seorang
humas sebuah perusahaan. Dalam penelitian ini menggunakan metode
deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan data yang diperoleh dari (lima)
orang narasumber yang memiliki profesi yang sedikit berbeda seperti kepala
humas, staff humas dan customer. Data yang diperoleh dari lapangan dilakukan
analisis data melalui reduksi data, paparan data, penarikan kesimpulan dan
verifikasi. Hasil penelitian ini adalah peran humas PT. Socfindo dalam
mempertahankan citra positif adalah selalu menjaga hubungan baik dari
berbagai pihak, baik hubungan dengan customer, hubungan baik masyarakat,
hubungan baik dengan media juga hubungan baik dengan instansi pemerintah
dengan melakukan kegiatan yang di lakukan selayaknya seorang humas.