Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya efikasi diri (self-efficacy)
dalam belajar siswa dalam pembentukan kepercayaan diri dalam kemampuan
yang dimiliki dalam kehidupan belajarnya didalam prestasi di
sekolah.Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah apakah Layanan
Penguasaan Konten Dengan Metode Brainstorming untuk Meningkatkan Efikasi
Diri (Self-Efficacy) dalam Belajar Siswa Kelas VII SMP Harapan Mekar Tahun
Pembelajaran 2018/2019”. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini
adalah untuk mengetahui Penerapan Layanan Penguasaan Konten Dengan Metode
Brainstorming Untuk Meningkatkan Efikasi Diri (Self-Efficacy)Belajar Siswa
Kelas VII SMP Harapan Mekar Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jenis penelitian
ini adalah kuantitatif Eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa
kelas VII SMP Harapan Mekar, dengan jumlah 87 siswa. Sampel yang diambil
adalah 43 siswa dengan menggunakan teknik Proportionate Stratified Random
Sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh menggunakan skala likert 5
arternatif jawaban yang menyatakan favourable (mendukung) dan Unfavourable
(tidak mendukung). Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-
Posttest Design. Berdasarkan Uji-t test diperoleh bahwa taraf signifikansi 0,05
dengan peluang 1-α dan derajat kebebasan dk = (n1 + n2 – 2) = (43 + 43 – 2) =
84. Maka dari tabel t diperoleh t = 1,990. Dengan demikian >
(24,454 > 1,990)atau sig ,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak Ha diterima.