Abstract:
Eksperimen dilakukan untuk mengetahui koefisien drag pada ketiga jenis kecepatan angin pada prototype mobil hemat energi. Yang memiliki kecepatan yang berbeda-beda. Tujuan dari penelitian ini untuk menegetahui koefisien drag pada mobil prototype hemat energi dan untuk mengembangakan mobil prototype hemat energi. Penelitian ini dilakukan selama tujuh bulan dimulai dari bulan Februari-Agustus Tahun 2019. Pengujian ini dilakukan di Laboratorium Teknik Mesin UMSU. Pengujiannya menggunakan alat uji sub sonic wind tunnel dengan kecepatan angin yang bervariasi yaitu dengan kecepatan 2 m/s, 4 m/s, 6 m/s, dan mendapatkan hasil yaitu pada kecepatan angin 2 m/s dengan hasil koefisien drag pada mobil prototype sebesar 0.061307, pada kecepatan 4 m/s koefisien drag yang terjadi pada mobil prototype sebesar 0.026427, dan pada kecepatan 6 m/s koefisien drag yang terjadi pada mobil protoype turun menjadi 0.0.10693. pada kecepatan angin sebesar 6 m/s memiliki koefisien drag yang paling rendah dibandingkan dengan kecepatan angin 2 m/s dan 4 m/s. sehingga semakin tinggi kecepatan angin maka semakin rendah koefisien drag yang diperoleh. Dan kecepatan 6 m/s memiliki koefisien drag paling rendah dan memiliki aerodinamis paling baik dibandingkan dengan kecepatan 2 m/s dan 4 m/s.