Abstract:
Latar belakang penulisan skripsi ini adalah dikarenakan PT. Daya Eika
Samudera menetapkan harga yang terlalu mahal dibanding dengan ekspedisi lain,
Menurunnya citra perusahaan, masih kurangnya keputusan konsumen dalam
memilih jasa expedisi PT. Daya Eika Samudera. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui apakah ada pengaruh harga dan citra perusahaan terhadap kepuasan
pelanggan pada PT. Daya Eika Samudera. Di dalam penelitian ini digunakan
pendekatan asosiatif. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah
pelanggan yang sudah mengunakan jasa PT. Daya Eika Samudra Cabang Belawan
lebih dari satu kali dari 60 pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan Ada pengaruh
yang signifikan antara Harga (X1) dan kepuasan pelanggan (Y) hal ini dilihat dari
nilai t hitung yang lebih besar dari t tabel yaitu senilai 4,970 lebih besar 2,00 t tabel
dan probabilitas sig 0,000 lebih kecil dari α = 0,05. Hasil uji tAda pengaruh yang
signifikan antara citra perusahaan (X2) dan kepuasan pelanggan (Y). hal ini bisa
dilihat dari nilai t hitung yang lebih besar dari t tabel yaitu senilai 6,094 lebih besar
dari 2,00dan probabilitas sig 0,000 lebih kecil dari α = 0,05. Ada hubungan yang
signifikan antara harga (X1) dan citra perusahaan (X2) terhadap kepuasan pelanggan.
Yang bisa di lihat dari F hitung 35,821 lebih besar dari 3,15 nilai F tabel dan nilai sig
pada taraf 0,000 yang lebih rendah dari α 0,05. Besarnya pengaruh variabel bebas
terhadap variabel independen dapat dilihat dari nilai R squareyang bernilai 0,557 atau
senilai 55,7% besaran nilai persentase yang mempengaruhi variabel bebas terhadap
variabel terikat sedangkan sisanya 44,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak di
teliti dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Hendaknya
PT. Daya Eika Samudera lebih meningkatkan produknya dengan menambah jenis
produk yang bermanfaat bagi konsumen dan mengedepankan kualitas produk
dengan cara memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen. Dari variabel citra
perusahaan PT. Daya Eika Samudera sebaiknya membangun citra yang positif
dimata pelanggan dengan cara memberi pelayanan, kenyamanan, dan kepercayaan
sehinggan konsumen yang menggunakan jasa PT. Daya Eika Samudera meningkat
setiap mtahunnya. Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan PT. Daya Eika
Samudera, sebaiknya perusahaan meningkatkan kualitas pelayanan dengan
memberikan fasilitas yang lengkap, keramahan, dan kepedulian merupakan hal
yang paling utama dalam mempertahankan kepuasan pelanggan.