Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menganalisis bagaimana perilaku
konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian buah jeruk lemon impor di
Kota Medan. (2) Menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan
pembelian buah jeruk lemon impor di Kota Medan.
Kegunaan penelitian ini adalah (1) Sebagai bahan masukan bagi pedagang
atau perusahaan dalam menganalisa konsumen terhadap keputusan pembelian
yang dilakukan konsumen. (2) Sebagai bahan informasi bagi kalangan akademi
yang membutuhkan penelitian lebih mendalam berkenaan dengan penelitian yang
sama. (3) Sebagai wawasan untuk masyarakat yang ingin melakukan kegiatan
usaha suatu produk dengan memperhatikan konsumen dan bauran pemasaran yang
akan dilakukan.
Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik
pengambilan sampel aksidental (Accidental sampling) yaitu menentukan sampel
berdasarkan orang yang ditemui secara kebetulan atau siapa saja yang dijumpai di
daerah penelitian dan sesuai dengan karakteristik responden yang diinginkan.
Sampel yang diteliti sebanyak 30 responden (konsumen akhir) yang membeli
jeruk lemon impor. Metode analisis data yang digunakan adalah metode dekriptif
dan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian pada kesimpulan perumusan masalah yang pertama adalah
Perilaku konsumen yang mengutamakan kesehatan dan manfaat jeruk lemon
impor sebagai faktor utama dalam melakukan keputusan pembelian jeruk lemon
impor memiliki jumlah responden paling tinggi yaitu 11 orang dengan tingkat
presentase 36,7%. Sedangkan perilaku konsumen yang mengandalkan kebiasaan
sebagai kebutuhan pokok keluarga yang mendasari untuk melakukan keputusan
pembelian jeruk lemon impor memiliki jumlah responden terendah yaitu 2 orang
dengan tingkat presentase 6,7%.
Hasil kesimpulan untuk perumusan masalah yang kedua adalah dalam
pengujian secara serempak diketahui bahwa secara keseluruhan variabel bebas
(produk, harga, promosi, dan lokasi) memiliki pengaruh nyata terhadap keputusan
pembelian jeruk lemon impor. Keputusan ini didukung dengan adanya nilai
Multiple-R sebesar 0,902 yang mengartikan bahwa secara menyeluruh ada
hubungan yang erat antara variabel produk, harga, promosi, dan lokasi terhadap
keputusan pembelian jeruk lemon impor sebesar 90,2%. Dari hasil pengujian
secara parsial menunjukkan bahwa secara parsial terdapat variabel produk dan
variabel harga yang berpengaruh nyata terhadap keputusan pembelian, sedangkan
variabel promosi dan variabel lokasi secara parsial tidak berpengaruh nyata
terhadap keputusan pembelian jeruk lemon impor di Kota Medan.