Research Repository

Analisis Usahatani Dan Pemasaran Stroberi (Studi Kasus : Desa Dolat Rayat Dusun III Tongkoh Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo)

Show simple item record

dc.contributor.author Zulfani, Hazita
dc.date.accessioned 2020-11-18T08:06:14Z
dc.date.available 2020-11-18T08:06:14Z
dc.date.issued 2017-04-18
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13374
dc.description.abstract Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah dilakukan dengan teknik accidental sampling yaitu siapa saja yang secara tidak sengaja bertemu dengan peneliti dan sesuai dengan karakteristik, maka orang tersebut dapat digunakan sebagai responden. Sesuai dengan teori bailey yang menyatakan bahwa untuk penelitian yang menggunakan analisa statistik, ukuran responden minimum adalah 30 responden dan untuk mewakili populasi, peneliti mengambil sampel sebanyak 30 petani stroberi didaerah penelitian yang sesuai dengan teori Bailey. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan deskriptif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara serempak variabel bebas memiliki pengaruh nyata terhadap pendapatan usahatani stroberi. Secara parsial terdapat variabel luas lahan, bibit, dan tenaga kerja yang berpengaruh nyata terhadap pendapatan usahatani stroberi. Variabel yang tidak berpengaruh secara parsial terhadap pendapatan usahatani stroberi petik adalah variabel pupuk. Rata-rata pendapatan usahatani stroberi di daerah penelitian adalah Rp 3.598.259/musim yang diperoleh dari biaya yang dikeluarkan sebesar Rp 15.921.741/Musim dan penerimaan sebesar Rp 19.520.000/Musim. Analisis kelayakan dengan menggunakan metode R/C ratio memperoleh keputusan bahwa R/C > 1 (1,226 > 1), maka kriteria keputusan yang dilakukan adalah layak untuk diusahakan karena usahatani stroberi memiliki pendapatan yang cukup baik. Berdasarkan hasil olahan data dari lapangan diperoleh nilai efisiensi pemasaran pada saluran I sebesar 30,9% dan nilai efisiensi pemasaran pada saluran II sebesar 46,15%. Semakin kecil tingkat efisiensi pemasaran dari saluran pemasaran yang ada maka semakin efisien sistem tersebut. en_US
dc.subject Usaha Tani en_US
dc.title Analisis Usahatani Dan Pemasaran Stroberi (Studi Kasus : Desa Dolat Rayat Dusun III Tongkoh Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account