Abstract:
Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2016 dengan menggunakan
metode studi kasus (case study). Sampel ditentukan secara Random Sampling.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui produksi belimbing, pendapatan
usahatarii belimbing, margin pemasaran dan efisiensi pemasaran di daerah
penelitian. Rumusan masalah; (1) dianalisis menggunakan analisis Cobb
Douglass, (2) pendapatan usahatani menggunakan rumus pendapatan, (3) tabulasi
sederhana menggunakan rumus margin pemasaran dan efisiensi pemasaran.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa variabel luas lahan, jumlah pohon,
pupk, pestisida dan tenaga keija berpengaruh psitif terhadap pendapatan usahatani
belimbing. Total keuntungan rata-rata usahatani belimbing didapat dalam satu kali
panen adalah sebesar Rp 5.039.094,-. Margin pemasaran yang terjadi adalah Rp.
4500-Rp. 5000. Pemasaran di daerah penelitian belum efisien.